• +6285235891110
  • Aug 01, 2019

Visi

"Pada Tahun 2025 Program Studi S2 PGSD UNIMA menjadi Program Studi yang Unggul, Berkualitas dan Mandiri dalam Menghasilkan Tenaga Pendidik dan Kependidikan Bermartabat, Berwawasan Global dan Menguasai IPTEKS di Bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar"

Misi

Menghasilkan Calon Guru-guru Pengawas SD/MI yang Berkualitas didasari oleh iman dan taqwa berwawasan IPTEKS dan menciptakan inovasi Pendidikan secara berkelanjutan.
Menyelenggarakan proses pembelajaran dengan pendekatan terpadu sehingga menghasilkan lulusan bermartabat, berwawasan global dan menguasai IPTEKS di bidang Pendidikan guru sekolah dasar.
Melakukan penelitian, pengkajian serta upaya penerapan ilmu dan teknologi untuk mendukung program-program akademik dan professional yang berkaitan dengan Pendidikan di sekolah dasar.
Melakukan Pengabdian pada masyarakat (PPM) yang berkaitan dengan inovasi dan penanganan masalah-masalah Pendidikan di sekolah dasar baik secara mandiri ataupun institusi.
Menjalin kemitraan dengan stakeholders untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan program dan lulusan dalam rangka menjamin kesesuaian lulusan dengan kebutuhan Pendidikan guru sekolah dasar.
 

Tujuan

Menghasilkan lulusan pendidikan teknologi dan kejuruan yang bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, jujur, disiplin, bertanggung jawab, kreatif, inovatif, cerdas, profesional, dan kompetitif, serta sehat jasmani dan rohani.
Menghasilkan publikasi ilmiah di jurnal nasional dan internasional bereputasii.
Meningkatkan kemampuan dan kesejahteraan masyarakat melalui diseminasi, difusi dan komersialisasi teknologi hasil-hasil pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan teknologi dan kejuruan.
Mengembangkan hasil-hasil pendidikan dan penelitian dalam bidang pendidikan teknologi dan kejuruan untuk mendukung proses transformasi kehidupan bermasyarakat, bernegara dan dalam mendukung daya saing bangsa.
Membangun tata nilai, budaya kerja, dan etika program studi pendidikan teknologi dan kejuruan berdasarkan PANCASILA sebagai landasan berpikir, bersikap, dan berperilaku baik tidak hanya didalam kampus tetapi juga di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Mengembangkan pranata kehidupan dalam program studi pendidikan teknologi dan kejuruan yang lebih beradab menuju masyarakat yang lebih santun, cerdas, kritis, demokratis, mandiri, terampil, damai dan religius.
Mendukung terciptanya kehidupan program studi pendidikan teknologi dan kejuruan yang berbangsa dan bernegara, bersatu, adil dan makmur dalam bingkai Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Menjadikan Program Studi Magister Pendidikan Teknologi dan Kejuruan sebagai program studi yang memiliki reputasi akademik yang tinggi ditingkat nasional.
Menghasilkan pelaksanaan kerjasama yang baik di tingkat nasional dan internasional dengan institusi pendidikan tinggi, assosiasi profesi, dunia usaha dan dunia industri, dan lembaga sosial lainnya masyarakat dalam menunjang kegiatan Program Studi Magister Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.

Strategi

Menghasilkan lulusan pendidikan teknologi dan kejuruan yang bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, jujur, disiplin, bertanggung jawab, kreatif, inovatif, cerdas, profesional, dan kompetitif, serta sehat jasmani dan rohani.
Menghasilkan publikasi ilmiah di jurnal nasional dan internasional bereputasii.
Meningkatkan kemampuan dan kesejahteraan masyarakat melalui diseminasi, difusi dan komersialisasi teknologi hasil-hasil pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan teknologi dan kejuruan.
Mengembangkan hasil-hasil pendidikan dan penelitian dalam bidang pendidikan teknologi dan kejuruan untuk mendukung proses transformasi kehidupan bermasyarakat, bernegara dan dalam mendukung daya saing bangsa.
Membangun tata nilai, budaya kerja, dan etika program studi pendidikan teknologi dan kejuruan berdasarkan PANCASILA sebagai landasan berpikir, bersikap, dan berperilaku baik tidak hanya didalam kampus tetapi juga di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Mengembangkan pranata kehidupan dalam program studi pendidikan teknologi dan kejuruan yang lebih beradab menuju masyarakat yang lebih santun, cerdas, kritis, demokratis, mandiri, terampil, damai dan religius.
Mendukung terciptanya kehidupan program studi pendidikan teknologi dan kejuruan yang berbangsa dan bernegara, bersatu, adil dan makmur dalam bingkai Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Menjadikan Program Studi Magister Pendidikan Teknologi dan Kejuruan sebagai program studi yang memiliki reputasi akademik yang tinggi ditingkat nasional.
Menghasilkan pelaksanaan kerjasama yang baik di tingkat nasional dan internasional dengan institusi pendidikan tinggi, assosiasi profesi, dunia usaha dan dunia industri, dan lembaga sosial Operasionalisasi bidang Pendidikan dan Pengajaran :

Bekerjasama dengan Unit Penjamin Mutu dan Gugus Kendali Mutu melalui monev perkuliahan dan tracer study kepada stakeholder.
Memfasilitasi mahasiswa untuk memasukan artikel penelitian pada Jurnal Nasional atau Internasional.
Pelayanan akademik sesuai pedoman akademik PPs Unima.
Mengusulkan penasehat Akademik kepada Direktur PPS sebagai penasehat akademik dalam pembimbingan penulisan karya ilmiah.
Melakukan revisi kurikulum berbasis KKNI dilengkapi dengan profil lulusan, CP, RPS dan deskripsi Matakuliah.
Sosialisasi Mahasiswa Baru pada beberapa Kabupaten/Kota di Propinsi Sulawesi Utara.
Operasionalisasi bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat:

Memfasilitasi dosen tetap dalam kegiatan penelitian melalui sumber dana PNBP dan kemenristek dikti, pemerintah daerah dan lembaga lain dalam berbagai scheme penelitian.
Memfasilitasi tenaga pengajar untuk mengikuti workshop dan seminar nasional/internasional sesuai kompetensi keahlian.
Memfasilitasi tenaga pengajar Publikasi Jurnal Nasional Terakreditasi.
Publikasi Jurnal Internasional terindex scopus.
Memiliki Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan sebagai jurnal program studi yang ber-ISSN.
Bekerjasama dengan stakeholder untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
Operasionalisasi bidang Tata Kelola:

Peningkatan pengelolaan prodi secara terbuka melalui rapat priodik program studi.
Memfasilitasi para dosen dan mahasiswa untuk menyampaikan berbagai masukan dan permasalahan berkait dengan kegiatan akademik melalui teknologi Informasi seperti ketersediaan jejaring sosial.
Ketersediaan struktur Organisasi Program Studi.
Memiliki UPM (Unit Penjaminan Mutu) PPs dan Gugus Kendali Mutu PS dalam menjamin kualitas pembelajaran.
Memberdayakan dosen sesuai bidang ilmu dalam kegiatan pembelajaran dan pembimbingan Tesis secara proporsional dengan memperhatikan kualitas dan pemberian diri pada program studi.
Memfasilitasi para dosen untuk meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian serta penulisan buku.
Memfasilitasi para dosen dalam peningkatan jabatan akademik ke tingkat lebih tinggi.
Operasionalisasi bidang Sarana dan Prasarana :

Peningkatan buku elekronik diperpustakaan dan jurnal penelitian.
Perbaikan dan peningkatan sarana dan prasana berbasis TIK dalam mendukung kualitas pembelajaran.
Operasionalisasi bidang Kerjasama :

Kerjasama dengan pihak pemerintah pusat, perguruan tinggi didalam negeri dan luar negeri untuk mendapatkan dukungan dana, sarana dan prasarana serta beasiswa.
Kerjasama dengan pihak Pemerintah Daerah kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Utara untuk penelitian dan pengabdian masyarakat.
Bekerjasama dengan stakeholder untuk perekrutan mahasiswa, peningkatan dan pengembangan kualitas lulusan.lainnya masyarakat dalam menunjang kegiatan Program Studi Magister Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.

+